Apa Itu Shadowban TikTok dan Bagaimana Cara Menghindarinya?

































Pengertian Shadowban TikTok

Shadowban TikTok adalah istilah yang merujuk pada situasi di mana akun pengguna mengalami penurunan drastis dalam visibilitas konten mereka tanpa pemberitahuan resmi dari TikTok. Ketika akun Anda di-shadowban, video-video Anda tidak lagi muncul di halaman For You Page (FYP) dan jangkauan organik Anda berkurang secara signifikan, views menurun drastis bahkan anjlok dengan sangat parah, upload video sangat lama hanya stuck di 1% - 5%, dsb. Istilah ini semakin populer di kalangan kreator konten yang merasa video mereka tidak mendapatkan engagement seperti biasanya. Sedangkan satu hal yang membuat para kreator semakin penasaran dan bingung adalah tidak adanya pemberitahuan resmi dari Tiktok mengenai shadowban ini. Hanya notifikasi berupa adanya sebuah pelanggaran yang bahkan para kreator sendiri pun tidak merasa melanggar aturan tiktok tersebut.


Pengalaman Terkena Shadowban Tiktok mulai 30 Juni 2024


Seperti halnya yang saya alami di akun tiktok saya, yaitu @dewabuku . Tepatnya pada tanggal 30 Juni 2024 saya merasakan sesuatu yang lain dari biasanya. Biasanya saya upload video berdurasi 1 menitan hanya butuh waktu kurang lebih 15 detik saat cuaca cerah dan bisa sampai 30 detik saat cuaca mendung atau hujan lebat, lha ketika itu saya upload video promosi tentang buku motivasi dengan durasi satu menitan selalu saja mentok di 1% atau 5% bahkan baru bisa selesai diupload setelah 2 jam! Vt-vt berikutnya bahkan lebih parah, views cuma 25 orang. Oleh sebab itulah vt-vt berikutnya saya bikin private sambil mencari tahu penyebabnya. Setelah menganalisa semua video saya dan mengamati interaksi dengan followers berupa like dan komentar, ternyata akun tiktok saya terkena shadowban.
 
Kenapa saya bisa mengetahui bahwa akun tiktok saya terkena shadowban? Ya karena sebab-sebab diatas itu tadi. Akhirnya saya cek notifikasi system di aplikasi tiktok saya, ada sebaris kalimat yang membuat saya terkejut: 'Telah ditemukan adanya aktifitas mencurigakan pada akun anda. Untuk kenyamanan pengguna harap tidak melanggar Pedoman Komunitas Kami dan lebih lanjut silahkan membaca Pedoman Komunitas Kami'.....Nah, dari situlah saya melakukan penelitian lagi, ternyata ada aktifitas dari satu akun tiktok (mungkin pemula) yang memberikan 25 like pada 25 vt saya dalam beberapa detik di waktu yang bersamaan. Sampai hari ini, 2 Juli 2024 saya membekukan aktifitas saya di tiktok, menghapus semua data akun, cache, data aplikasi, dan uninstall aplikasi tiktok dari smartphone saya. Hal itu saya lakukan untuk persiapan melakukan beberapa perubahan di akun tiktok saya agar algoritma tiktok tahu bahwa akun saya masih aktif dan melakukan perbaikan. Nah, itulah pengalaman saya kemarin. Dibawah ini akan saya uraikan lebih lengkap tentang shadowban ini.

Penyebab Shadowban TikTok

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan akun Anda di-shadowban oleh TikTok:


1) Pelanggaran Pedoman Komunitas: TikTok memiliki pedoman komunitas yang ketat mengenai konten yang diizinkan di platform mereka. Konten yang melanggar pedoman ini, seperti konten berbahaya, kekerasan, atau tidak pantas, dapat menyebabkan shadowban.


2) Aktivitas Spam: Menggunakan taktik spam seperti follow-unfollow secara massal dengan tujuan memperbanyak follower dan mengurangi following, mengirim banyak komentar berulang kali dengan kata-kata serupa di satu akun, atau menggunakan bot aplikasi untuk meningkatkan pengikut dan like dapat membuat akun Anda di-shadowban.


3) Penggunaan Hashtag yang Diblokir: Menggunakan hashtag yang diblokir atau terkait dengan konten yang dilarang juga dapat menyebabkan akun Anda di-shadowban. Contohnya begini: ada seorang cewek mempromosikan pakaian renang yang langsung dia pakai sendiri menggunakan hashtag '#sexyswimsuit' kemudian diblokir oleh tiktok karena dianggap sebagai konten tidak pantas/dilarang. Setelah itu ada lagi akun lain yang memakai hashtag itu, maka dia juga akan terkena shadowban meskipun dia berpakaian lengkap dan sopan.


4) Konten Tidak Orisinal: Mengunggah konten yang tidak orisinal, duplikat, atau melanggar hak cipta orang lain juga dapat menyebabkan penurunan visibilitas konten Anda. 

*Contohnya pertama: Anda membeli video bundle di sebuah marketplace berisi ribuan video media sosial siap upload seharga Rp 100.000 dan dengan percaya diri mengunggahnya di tiktok tanpa edit apapun. Hal semacam itu juga akan terkena shadowban karena dianggap sebagai konten duplikat. Sudah jelas bahwa konten-konten itu pasti juga sudah pernah diupload oleh banyak orang. Lebih baik membuat konten orisinil yang berkualitas baik, itu akan lebih menghemat uang Anda. 


*Contoh kedua: membuat video promosi sebuah produk dengan background pemandangan, kemudian dibuat overlay atau ditempeli gambar statis, yaitu satu gambar produk dari seller tanpa mengeditnya menjadi sesuatu yang menarik. Itu lambat laun juga akan terkena shadowban. Namun muncul sebuah pertanyaan: 'Apakah saya juga akan terkena shadowban kalau mengunggah konten semacam itu? Buktinya mereka juga aman-aman saja.' ......Jawabannya cuma satu: 'Saat ini mereka sedang beruntung'

Cara Menghindari Shadowban TikTok

Agar akun Anda terhindar dari shadowban, berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda lakukan:


1. Patuhi Pedoman Komunitas
Patuhi semua pedoman komunitas TikTok. Jangan mengunggah konten yang mengandung kekerasan, kebencian, atau konten yang tidak pantas. Pastikan konten Anda positif, menghibur, dan mendidik.


2. Hindari Taktik Spam
Jangan menggunakan taktik spam untuk meningkatkan jumlah pengikut dan like. Sebagai gantinya, fokuslah pada pembuatan konten yang menarik dan orisinal yang dapat menarik penonton secara alami.


3. Gunakan Hashtag dengan Bijak
Hindari penggunaan hashtag yang diblokir atau yang terkait dengan konten yang dilarang. Lakukan riset tentang hashtag yang populer dan relevan dengan konten Anda untuk meningkatkan visibilitas tanpa melanggar aturan. Cara paling mudah adalah dengan mengisi kotak pencarian dengan kalimat 'Creator Search Insights' maka akan terlihat semua yang sedang trending.


4. Unggah Konten Orisinil
Pastikan semua konten yang Anda unggah adalah orisinal dan tidak melanggar hak cipta orang lain. Konten yang orisinal lebih disukai oleh algoritma TikTok dan lebih mungkin untuk muncul di FYP.


5. Interaksi dengan Pengikut
Berinteraksi secara aktif dengan pengikut Anda dengan membalas komentar dan pesan. Aktivitas interaksi yang sehat dan alami dapat meningkatkan engagement dan visibilitas akun Anda.


6. Periksa Analitik
Gunakan fitur analitik TikTok untuk memantau kinerja konten Anda. Analitik ini dapat memberikan wawasan tentang video mana yang berkinerja baik dan kapan waktu terbaik untuk mengunggah konten.


7. Hindari Pelanggaran Hak Cipta
Pastikan Anda tidak menggunakan musik atau materi berhak cipta tanpa izin. TikTok menyediakan pustaka musik yang dapat Anda gunakan tanpa khawatir tentang pelanggaran hak cipta, sound viral tertentu juga gratis. Tetapi apabila anda terlanjur memakai salah satu sound viral dan video anda dibekukan, berarti sound itu biasanya adalah termasuk dalam fitur materi 'Working With Artist' yang tidak sembarangan akun boleh memakainya kecuali dia sudah 'eligible'.


Langkah Mengatasi Shadowban

Jika Anda merasa akun Anda telah di-shadowban, ada beberapa langkah yang dapat Anda coba untuk mengatasinya:


Tinjau Konten Anda: Jika konten anda masih sedikit, periksalah semua konten yang telah Anda unggah dan hapus konten yang mungkin melanggar pedoman komunitas. Namun jika konten anda sudah diatas seribu video, gunakan insting anda dan hapus semua riwayat tontonan, riwayat komentar, cache & download, cache smartphone, dan uninstall aplikasi tiktok dari smartphone anda.  

 
Berhenti Mengunggah Sementara: Berhenti mengunggah konten baru selama beberapa hari. Gunanya adalah memberi waktu pada algoritma TikTok untuk memproses perubahan pada akun Anda. Biasanya 3 hari sampai satu minggu. Namun demikian, jangan menjadi pasif mentang-mentang tidak mengunggah video baru malah diam saja. Kalau hal itu anda lakukan maka akun anda akan dianggap oleh algoritma tiktok sebagai akun dormant atau akun yang sudah tidak aktif lagi sehingga malah membuat akun tiktok anda diblokir secara permanen. Tetaplah berinteraksi dengan follower anda dengan cara like, komen, dan share supaya akun anda tetap dianggap sebagai akun yang masih aktif.


Perbarui Profil: Lakukan pembaruan pada profil Anda, seperti mengganti foto profil, logo, atau bio, untuk memberi sinyal kepada algoritma bahwa akun Anda aktif dan autentik.


Laporkan Masalah ke TikTok: Jika Anda yakin tidak melanggar aturan, laporkan masalah ini ke TikTok melalui fitur bantuan atau dukungan untuk mendapatkan klarifikasi lebih lanjut. Tetapi jika anda tidak yakin merasa melanggar aturan dan ingin melakukan 'banding' lebih baik urungkan niat anda, karena prosesnya akan sangat lama dan pasti perlu proses yang rumit. Tunggu saja dengan tenang dan sabar hingga semua itu selesai.


AKHIR KATA

Menghindari shadowban TikTok memerlukan pemahaman yang baik tentang pedoman komunitas, menghindari taktik spam, dan berfokus pada pembuatan konten orisinal dan berkualitas. Dengan mematuhi aturan dan mengikuti langkah-langkah pencegahan, Anda dapat menjaga visibilitas konten Anda dan tetap berinteraksi dengan audiens secara efektif. Jika Anda merasa telah di-shadowban, lakukan langkah-langkah yang tepat untuk memulihkan akun Anda dan kembali meraih sukses di platform ini.


REFERENSI:

1) What Is a TikTok Shadowban? Plus 5 Ways To Get Unbanned

2) What is The TikTok Shadowban? And How to Fix it

3) How to Get Unshadowbanned on TikTok

4) 什么是 TikTok Shadow Ban - 关于 TikTok Shadow Ban 的事实信息