Cara Mencegah Tawon Vespa Bersarang di Rumah Kita

Photo by Fhasud on Dreamstime

Bagaimana cara mencegah agar tawon vespa tidak bersarang di atap rumah kita? Mencegah tawon Vespa dari bersarang di atap rumah kita melibatkan beberapa tindakan pencegahan yang dapat kita ambil. Berikut adalah beberapa langkah yang bisa kita lakukan untuk mengurangi risiko tawon Vespa bersarang di rumah kita:

Periksa dan Tutupi Lubang dan Celah: Lakukan pemeriksaan rutin pada eksterior rumah anda, terutama di atap, dinding, talang air, dan sekitar jendela. Tutupi lubang atau celah yang dapat menjadi tempat tawon Vespa untuk masuk dan bersarang, bisa ditutup dengan semen, jeruji kayu, atau kertas dicampur lem putih. Biasanya kalau banyak ornamen kayu dirumah anda, atau Blandar rumah anda terbuat dari kayu dan ada bekas lubangnya, maka lubang itu dapat dijadikan sarang oleh tawon vespa. Pada jaman dahulu semua Blandar terbuat dari kayu, kalau sekarang sebagian besar sudah berbahan dasar baja ringan atau alumunium. Sebentar para pemirsa, Blandar itu bahasa Indonesianya apa ya? Berhubung saya tidak tahu Blandar itu bahasa Indonesianya apa, akan saya lukiskan fungsinya saja. Blandar adalah tulangan balok kayu besar dengan panjang tertentu yang dijadikan penopang kerangka atap yang nantinya akan dipasangi penutup berupa genteng.

BACA JUGA:




Perhatikan Lingkungan Sekitar: Pastikan lingkungan di sekitar rumah kita tetap rapi dan bersih. Tawon Vespa cenderung mencari tempat yang tenang dan terlindung untuk bersarang, jadi pastikan tidak ada tempat-tempat yang cocok untuk sarang di dekat rumah kita. Tempat paling nyaman bagi tawon vespa membuat sarang adalah di ventilasi dapur, di bawah atap, dan dibawah torrent (penampungan air)

Buang Sisa Makanan dan Sampah Dengan Benar: Pastikan sisa makanan dan sampah dibuang dengan benar dan di tempat yang tertutup rapat. Makanan dan tempat sampah yang terbuka dapat menarik tawon Vespa yang mencari sumber makanan, apalagi kalau disitu ada sisa makanan yang berwarna cerah atau punya aroma manis seperti kue strawberry, wafer coklat, permen karet, dan sebagainya.

Periksa dan Bersihkan Sarang Bekas: Jika kita menemukan sarang tawon yang sudah tidak aktif, pastikan untuk membersihkannya dengan hati-hati. Sarang bekas dapat menjadi tanda tawon lainnya untuk bersarang di tempat yang sama. Bisa jadi masih ada tawon terlantar didalam sarang bekas itu.

Gunakan Perangkap Tawon: kita dapat menggunakan perangkap tawon yang tersedia di pasaran untuk menangkap tawon yang mencari makanan di sekitar rumah kita. Ini dapat membantu mengurangi populasi tawon di sekitar area rumah.

Hindari Bau Manis: Tawon Vespa tertarik pada bau makanan manis. Hindari meninggalkan makanan manis atau minuman yang terbuka di luar rumah, khususnya di teras rumah anda. Tutupi minuman anda dan cemilan anda, atau anda akan berebut cemilan dengan tawon vespa yang siap menyengat anda kapan saja dan dimana saja.

Gunakan Pewangi Alami: Beberapa bahan alami seperti minyak esensial peppermint atau eucalyptus dapat membantu mengusir tawon, beberapa mall di kota-kota besar banyak menyediakan bahan ini, atau bisa juga beli secara online di toko oren atau toko hijau. Kalau anda tinggal di pedesaan atau perkampungan, beli saja botol semprotan, lalu diisi dengan air rebusan sereh, daun sirih, dan perasan jeruk nipis lalu semprotkan di tempat-tempat rawan tawon vespa.

Konsultasikan Dengan Ahli Pest Control: Jika kita memiliki masalah yang serius dengan tawon Vespa atau khawatir tentang potensi adanya sarang di sekitar rumah kita, sebaiknya konsultasikan dengan orang yang profesional di bidang pengendalian serangga dan hewan berbahaya. Mereka dapat memberikan saran dan tindakan yang tepat untuk mengatasi masalah ini, biasanya mereka adalah termasuk dalam Sub Unit Pemadam Kebakaran yang selalu ada di setiap Kabupaten di Indonesia.

Pentingnya Keamanan: Saat membersihkan area yang berpotensi memiliki sarang tawon, pastikan kita menggunakan pakaian pelindung seperti jaket tebal, sarung tangan yang tebal dan alot, dan jaring penutup wajah. Hindari mengganggu tawon atau sarangnya tanpa perlindungan yang cukup.

Mengambil tindakan pencegahan ini dapat membantu mengurangi risiko tawon Vespa bersarang di atap rumah kita. Tetap waspada dan proaktif dalam menjaga lingkungan rumah supaya keberadaan rumah kita dianggap tidak menarik bagi tawon-tawon ini, dengan begitu, para tawon vespa akan mengabaikan rumah kita sehingga kita pun dapat hidup dengan aman dan nyaman tanpa kehadiran tawon vespa. Saya Jati S Watorokito, sampai jumpa lagi di artikel berikutnya. Semoga bermanfaat!